Saturday, December 20, 2008

Hasil dari FPT

Akhirnya, saat yang di tunggu-tunggu datang juga... bunda dapat e-mail dari jeng Eva, bahwa hasil Finger Print Test sudah selesai, dan di schedule hari Sabtu tanggal 20 Dec 2008..... wah Panda deg-degan nih... hasilnya seperti apa ya Nayla, bakat apa yang sudah terpendam dalam diri Nayla...wah pokoknya banyak sekali pertanyaan di dalam otak Panda nih....

Begitu kita ketemu dengan MS. Linda, disana kita diberitahukan bahwa, Allah telah memberikan gift kepada umatnya sejak dalam kandungan bundanya, yaitu di usia 3 bulan, dan salah satu gift yang Allah berikan adalah Intelligences, nah Intelligences ini akan berbeda antara manusia yang satu dengan manusia lainnya dan Intelligences terdiri dari 8 macam, yaitu :
1. Logical/Mathematical --- > dimana kita memiliki "critical thinking", kuat di bagian matematika dan strategi callengesnya yang kuat. 2. Verbal/Liguistic ---> dimana kita menguasai berbagai bahasa, baik tulisan mapun suara ( audio visual ) dan kuat dalam komunikasinya. 3. Intrapesonal, ---> dlihat dari ego kita pribadi. 4. Interpersonal ---> dilihat cara sosialisasinya. 5. Musical ---> menyenangi musik dengan baik. 6. Visual/Spatial ---> menverna gambar dengan baik. 7. Bodily Kinesthetic ---> keaktifan diri kita. 8. Naturalist ---> dimana kita menyukai alam / nature seperti senang dengan binatang, pemandangan dll.

Nah..... ini dia hasil yang di dapat oleh Nayla....
Ahamdulillah, Nayla mendapatkan 100% di bagian Logical, Verbal, Visual dan Bodily Kinesthetic dan sisanya 70 - 80%, artinya Nayla memiliki kemampuan dalam logika serta matematika dan memiliki kemampuan bahasa (menurut Ms.Linda, Nayla bisa & mampu untuk mempelajari lebih dari 3 bahasa) dan dapat mengerti dengan cepat dari metode visual/gambar dan menjadi anak yang sangat aktif, sehingga Panda disarankan untuk bisa membuat schedule untuk Nayla agar bisa teratur, dalam arti Nayla tau kapan waktu bermain dan kapan waktunya belajar dengan sendirinya.

Jika ditelusuri ternyata Nayla lebih cenderung ke Otak Kiri, yang dimana lebih banyak ke arah logika, contohnya, jika Nayla ingin sesuatu dan Panda tidak mengijinkan, maka Panda harus menjelaskan kepada Nayla secara logika tidak bisa hanya bilang "ngga boleh" atau "jangan" tapi harus lebih spesifik.

Dalam metode yang ini, disini menggambaran Nayla lebih cenderung ke arah "Planning" dibanding "Leadership" memang sih kalau itu sudah kebaca dan terlihat dengan jelas oleh Panda, secara kita mau pergi, pasti saja Nayla yang mengatur waktunya seperti ini "papa, hari ini kita ke mall, abis itu kita ke Timezone, terus pulang ya..." atau "bunda, Nayla nonton film dulu habis itu Nayla mandi sorenya jam 5 ajah" .... memang otak planningnya sudah jalan, jadi menurut Ms. Linda musti lebih di arahkan saja dengan lebih baik.

Nah, kalau yang ini, menceritakan bagaimana Nayla dapat menangkap lebih cepat dalam proses belajar yaitu dengan Audio yang dimana Nayla hanya dengan mendengarkan saja sudah langsung menangkap dan mengerti dan juga mengingat dari kata-kata tersebut, misalnya, kita sedang bicara sesuatu dan Nayla hanya main di sekitar kita, tapi ternyata Nayla bisa mengikuti semua yang kita bicarakan... Dan kekurangan pada Nayla adalah jika guru atau orang lain berbicara dengan cepat, maka Nayla akan butuh waktu sedikit untuk mencernakan maksud dari pembicaraan tersebut sehingga dapat dengan mudah di mengerti, jadi menurut Ms. Linda, kita harus membiasakan Nayla untuk belajar sendiri atau dengan cara bertanya "apakah sudah paham?" atau "apakah Nayla ngerti?" tapi itu semua juga harus dijelaskan secara logika dan spesifik karena dilihat dari sifat Nayla yang lebih kearah logika.

Dengan tes FPT Panda jadi tahu banyak kekurangan dan kelebihan yang terdapat pada Nayla sehingga itu semua membuat Penda makin banyak bersyukur kepada Allah dan juga jadi "homework" untuk Panda agar bisa mendidik dan mengarahkan Nayla ke arah yang lebih baik dan juga membantu mengatasi kekurangan yang ada.

0 comments:

 

"sToRy aBouT NaYLa" © 2008. Distributed by Blogger Templates. Design By: SkinCorner